Selasa, 15 Juli 2014

KONSEP KOPERASI dan SEJARAH PERKEMBANGAN KOPERASI



Menurut Hans Munkner (Jerman), koperasi dibagi atas 3 konsep.
Konsep Koperasi Barat
Koperasi merupakan organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan  kope- rasi.

Konsep Koperasi Sosialis
Koperasi direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasi- onalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional. Menurut konsep ini, koperasi tidak berdiri   sendiri   tetapi   merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan-tujuan sistem sosialis-komunis.

Konsep Koperasi Negara Berkembang
Koperasi sudah berkembang dengan ciri tersendiri, yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya. Tujuan koperasi adalah meningkatkan kondisi sosi- al ekonomi anggotanya.Perbedaan dengan Konsep Sosialis adalah pada tujuan koperasi untuk merasionalkan faktor produksi dari kepemilikan pribadi ke pemilikan kolektif.

SEJARAH PERKEMBANGAN

Di Eropa
Munculnya perkoperasian di Eropa diawali dengan adanya 3 aliran (Casselman. 1989) yang berbeda dalam memberikan alasan berdirinya koperasi pada suatu negara, yang mana perbedaannya ada pada sistem yang dianut masing-masing negara.
1. Aliran Yardstick
Fungsi dan peranan koperasi sebagai tolok ukur atau penetralisir pada sistem perekonomian kapitalis artinya koperasi berperan sebagai pembatas atau pengoreksi praktek-praktek negatif kaum kapitalis.
2. Aliran Sosialis
Aliran ini memandang sistem perekonomian kapitalis sebagai musuh utama dan harus diakhiri. Kehadiran koperasi dalam masyarakat kapitalis  harus berfungsi sebagai kekuatan untuk mengakhiri sistem perekonomian kapitalis, sehingga tujuan akhir aliran ini menjadikan koperasi sebagai alat untuk mewujudkan masyarakat sosialis.
3. Aliran Persemakmuran
Sebagai aliran penengah yang artinya, di satu pihak (aliran Yardstick) tidak meman-
dang sistem perekonomian kapitalis sebagai musuh utama yang harus dibinasakan, di pihak lain sebagaimana aliran sosialis yang berpendapat bahwa sistem perekonomian kapitalis perlu dikoreksi meski tidak seradikal seperti yang diinginkan aliran sosialis. Fungsi dan peran koperasi pada aliran ini sebagai alternatif dari bentuk-bentuk perusahaan kapitalis, sehingga peran koperasi harus ditingkatkan dan dikembangkan untuk mewujudkan masyarakat koperasi.


Perkembangan Koperasi di Inggris
Koperasi pertama kali didirikan di Inggris di akhir abad ke 18. Inggris sebagai negara cikal bakal koperasi di dunia. Koperasi didirikan di kota Rochdale, Inggris pada tahun 1844. Koperasi ini di pandang sukses. Koperasi yang dipelopori oleh 28 anggota (satu orang perempuan dan dua puluh tujuh laki-laki) tersebut dapat bertahan dan sukses karena didasari oleh semangat kebersamaan dan kemauan untuk berusaha dan mendirikan sebuah toko. Di tahun yang sama didirikan koperasi konsumsi dipelopori oleh Charles Howard. Awalnya koperasi Rochdale bergerak dalam usaha pemenuhan kebutuhan konsumsi, kemudian berkembang menjadi usaha produktif. Sampai tahun 1852 di Inggris telah berdiri kurang lebih 100 koperasi konsumsi, yang mana pendirinya dari para konsumen. Untuk memperkuat gerakan koperasi, pada 1862 koperasi-koperasi konsumsi di inggris bergabung menjadi satu pusat koperasi pembelian atau disebut Coperativ Wholesale Society (CWS).

Perkembangan Koperasi di Perancis
Revolusi Perancis dan perkembangan industri menimbulkan kemiskinan dan penderitaan bagi rakyat Perancis. Lahirnya koperasi yang didasari adanya penindasan dan kemiskinan   masyarakat kalangan bawah (buruh) pada sistem kapitalisme yang berkembang sekaligus  menghadapi kelemahan dari dalam diri koperasi itu sendiri. Kurangnya modal, rendahnya kesadaran dan pengetahuan dari anggota termasuk pengurus menyebabkan koperasi kurang bisa berkembang. Pelopor koperasi di Perancis yaitu Charles Fourier, Louis Blanc, dan Ferdinand Lasalle  mendorong para buruh untuk memiliki pabrik dan membangun koperasi-koperasi yang bergerak dibidang produksi untuk perbaikan nasib rakyat dan pengusaha kecil. Dari kegiatan tersebut lahirlah koperasi produksi yang pertama di dunia. Perkembangan gerakan koperasi di Perancis menghasilkan satu bank milik koperasi menjadi bank peringkat atas yang sangat diperhitungkan di Perancis dan di Eropa, yaitu Agricole Bank.

Perkembangan Koperasi di Jerman.
Inggris dan Perancis mencapai kemajuan di bidang koperasi sekitar tahun 1848, muncul di Jerman seseorang yang bernama F. W. Raiffeisen, Walikota di Flammersfield, yang  menganjurkan para petani untuk bersatu dalam wadah perkumpulan simpan-pinjam. Raiffeisen mendirikan koperasi kredit (kelak dikenal dengan Koperasi Kredit Pertanian model Raiffeisen) dengan pedoman kerja sebagai berikut:
1. Anggota koperasi wajib menyimpan sejumlah uang, walaupun dalam jumlah yang sangat kecil sesuai dengan kemampuan masing-masing.
2. Uang simpanan boleh dikeluarkan sebagai pinjaman bagi anggota yang membutuhkannya, dengan membayar bunga ringan. Penggunaan uang diawasi supaya untuk tujuan produktif.
3. Usaha koperasi dibatasi pada desa setempat, pada kelompok orang yang saling mengenal agar tercapai kerjasama yang erat.
4. Pengurus koperasi diselenggarakan sendiri oleh anggota yang dipilih tanpa mendapatkan upah.
5. Keuntungan diperoleh dari perputaran uang simpan pinjam jadi milik koperasi dan dipergunakan untuk membantu kesejahteraan masyarakat setempat.
Pelopor koperasi lainnya dari Jerman lainnya adalah seorang hakim bernama H. Schulze yang berasal dari kota Delitzcsh. Pada tahun 1849 ia mempelopori pendirian Koperasi simpan-pinjam di perkotaan.
Pedoman kerja Koperasi simpan-pinjam Schulze adalah sebagai berikut:
1.Uang simpanan sebagai modal kerja koperasi dikumpulkan dari anggota, yang mana anggotanya terdiri dari setiap unsur dalam masyarakat dan pengusaha kecil serta pedagang kecil sangat diutamakan.
2. Wilayah kerjanya didaerah perkotaan, tempa pengusaha dan pedagang kecil tinggal.
3. Pengurus Koperasi dipilih dan diberi upah atas pekerjaannya.
4. Pinjaman bersifat jangka pendek dan diberikan kepada yang sedang berusaha untuk
menjadi pedagang atau pengusaha kecil..
5. Keuntungan yang diperoleh dari bunga pinjaman dibagikan kepada anggota.
Dewasa ini di Perancis terdapat Gabungan Koperasi Konsumsi Nasional Perancis (Federation Nationale Dess Cooperative de Consommation), dengan jumlah Koperasi yang tergabung sebanyak 476 buah. Jumlah anggotanya mencapai 3.460.000 orang, dan toko yang dimiliki berjumlah 9.900 buah dengan perputaran modal sebesar 3.600 milyar franc/tahun.

Perkembangan Koperasi di Belanda
Warga negara di Belanda awalnya mendirikan koperasi konsumsi sebagai penyediaan keperluan sehari-hari. Berawal di Rotterdam tahun 1860 persatuan buruh Nederlandsch Werkmark mendirikan perkumpulan toko-toko. Dikarenakan modalnya yang ada kecil serta tempat tinggal para buruh tidak pada satu lokasi atau satu area mengakibatkan kurangnya partisipasi dari anggota toko tersebut tidak berkembang.
Tahun 1873 konggres di Utrecht memutuskan agar para buruh untuk berkoperasi mengikuti cara Rochdale. Di tahun 1876 pemerintah Belanda menetapkan Undang-Undang Koperasi pertama pada tanggal 17 November 1876, staatblad 227, Undang-Undang tersebut kemudian diperbaharui dengan Undang-Undang Koperasi pada tanggal 28 Mei 1925.
Koperasi di Belanda sangat maju, sehingga perusahaan besar Susu Cap Bendera (Frisian Flag) yang juga sangat terkenal di Indonesia, milik koperasinya para peternak sapi perah yang dikelola secara kooperatif. Demikian pula pada bank yang mempunyai reputasi internasional milik masyarakat koperasi di Belanda yang dikelola secara modern yaitu Rabbo Bank. Koperasi ritel yang mendunia asal Belanda yaitu perkulakan Makro.
Perkembangan Koperasi Di Denmark
Jumlah anggota Koperasi di Denmark pada tahun 1952 meliputi sekitar 30% dari seluruh penduduk Denmark. Hampir sepertiga penduduk pedesaan Denmark yang berusia antara 18 s/d 30 tahun belajar di perguruan tinggi. Denmark merupakan salah satu negara di Eropa yang dijadikan contoh dalam pengembangan Koperasi Pertanian, yang mana para petani yang tergabung dan mau mempelajari hal-hal yang sifatnya membangun untuk daerah agraria. Meski negara ini memiliki lahan tanah yang sempit, namun para petani berupaya dalam memproduksi dan cara pengolahan hasil pertanian. Dalam perkembangannya, tidak hanya hasil-hasil pertanian yang didistribusikan melalui koperasi, melainkan meliputi pula barang-barang kebutuhan sektor pertanian itu sendiri. Selain itu, di Denmark juga berkembang koperasi konsumsi. Koperasi-koperasi konsumsi ini kebanyakan didirikan oleh serikat-serikat pekerja di daerah perkotaan. Lebih dari 40% jumlah penduduk Denmark membeli kebutuhannya sehari-hari melalui koperasi. Bapak Koperasi Indonesia, Dr. Moh Hatta menjuluki Denmark sebagai Negara dan Bangsa Koperasi.

Perkembangan Koperasi Di Swedia
Salah seorang pelopor Koperasi yang cukup terkemuka dari Swedia bernama Albin Johansen. Salah satu tindakannya yang cukup spektakuler adalah menasionalisasikan perusahaan penyaringan minyak bumi yang menurut pendapatnya, dapat dikelola dengan cara yang tidak kalah efisiennya oleh Koperasi. Pada tahun 1911 gerakan Koperasi di Swedia berhasil mengalahkan kekuatan perusahaan besar. Pada tahun 1926 Koperasi berhasil menghancurkan monopoli penjualan tepung terigu yang dimilikki perusahan swasta.
Pada akhir tahun 1949, jumlah Koperasi di Swedia tercatat sebanyak 674 buah dengan sekitar 7.500 cabang dan jumlah anggota hampir satu juta keluarga. Rahasia keberhasilan Koperasi-koperasi Swedia adalah berkat program pendidikan yang disusun secara teratur dan pendidikan orang dewasa di Sekolah Tinggi Rakyat (Folk High School), serta lingkaran studi dalam pendidikan luar sekolah. Koperasi Pusat Penjualan Swedia (Cooperative Forbundet), mensponsori program-program pendidikan yang meliputi 400 jenis kursus teknis yang diberikan kepada karyawan dan pengurus Koperasi.

Di Amerika Serikat
Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-19 keadaan sosial ekonominya hampir sama dengan Inggris. Jumlah koperasi yang tumbuh antara tahun 1863-1939, berjumlah 2600 buah. Sekitar 57% dari Koperasi-koperasi tersebut mengalami kegagalan.
Koperasi pertama yang berdiri di Amerika Serikat adalah The Philadelphia Contributionship From Lose By Fire. Semacam asuransi kebakaran. Berikutnya berdiri koperasi pengairan yang mengurus irigasi pertanian. Dan pada tahun 1880 berdiri koperasi-koperasi pertanian yang besar. Sementara itu, di Amerika Serikat, selama bertahun-tahun juga telah berkembang perkumpulan simpan pinjam yang dikenal dengan nama Credit Union, berkat anjuran Alphonso Desjardin (1854- 1921).
Periode 1909-1921, sekitar 52% dari seluruh pekumpulan koperasi pertanian yang ada telah bekerja secara efektif. Dalam perkembangannya, ada banyak jenis koperasi yang berkembang di Amerika Serikat. Di daerah pedesaan antara lain dikenal adanya Koperasi Asuransi Bersama, Koperasi Listrik dan Telepon, Koperasi Pengawetan Makanan, Koperasi Simpan-Pinjam dan Koperasi Penyediaan Benih. Sedangkan Koperasi-koperasi di perkotaan seringkali menyelenggarakan toko-toko eceran. Koperasi Kredit dan Koperasi Perumahan juga banyak ditemukan dikota-kota, di Amerika Serikat juga berkembang Koperasi Rumah Sakit dan Koperasi Kesehatan. Sebelumnya masyarakat pernah mencoba mendirikan perkumpulan serupa, seperti yang pernah didirikan oleh kaum pekerja pada tahun 1892 yang bernama The Boston Globe. Namun kurang mendapat sambutan masyarakat karena dinilai terlalu mengejar keuntungan, sehingga tidak mencerminkan suatu bentuk kerja sama dan tolong menolong. Alphonso, memulai usaha simpan pinjam dengan mendirikan semacam “Bank Rakyat” pada tahun 1900 di Levis Queebec, dengan menggerakkan kegiatan menabung di kalangan petani maupun buruh dan selanjutnya meminjamkan kepada sesama anggota yang memerlukan. Perkembangan yang pesat usaha simpan pinjam melalui “Bank Rakyat” mendorong Alphonso berpikir akan perlunya landasan hukum bagi usaha tersebut. Atas usaha keras Alphonso bersama temannya Edward A Filene (1860-1913), tahun 1909 lahirlah undang-undang pertama tentang koperasi Simpan pinjam di Massachussets. Dalam perkembangannya, undang-undang tentang koperasi simpan pinjam itu juga mulai melebar ke New Hampshire. Koperasi simpan pinjam tersebut selanjutnya menjadi model atau teladan bagi seluruh koperasi simpan pinjam di Amerika Serikat, bahkan sampai ke Kanada.
Sampai tahun 1915, jumlah koperasi simpan pinjam atau credit union telah bertambah menjadi 11 unit dan tiga tahun kemudian meningkat menjadi 42 unit. Dan sampai tahun 1934 telah bertambah menjadi sekitar 2.400 unit yang tersebar di 38 negara bagian. Di tahun tersebut Presiden Roosevelt menandatangani Federal Credit Union Act. Pada tahun yang sama terbentuk Federal Credit Union yang menamakan diri sebagai National Credit Union Association di Madison, Wiscounsin.
Koperasi berwajah Korporasi
1928    Salah satu koperasi berbentuk korporasi yang terkenal di dunia yaitu Koperasi Ace Hardware, yang awal berdirinya dari sebuah toko kecil di Chicago. Terbentuknya Koperasi Ace Hardware awalnya perusahaan ritel biasa pada 1924 oleh empat (4) pengusaha (Richard Hesse, Gunnard Lindquist, Frank Burke, dan Oscar Fisher).
1975    (45 tahun kemudian bentuk usahanya menjadi Koperasi). Prinsip dasar Koperasi Ace Hardware adalah diterapkannya bahwa setiap pemilik gerai adalah anggota dan dijalankan secara otonom, kecuali standar produk, pelayanan, disain gerai, dan harus mengikuti aturan dan standar Ace Hardware. Sebagai peritel perkakas pertukangan gerainya juga sangat berkembang di Indonesia dengan nama PT Ace Hardware Indonesia dengan pemegang saham terbesar (60%) dimiliki PT Kawan Lama. Strategi yang dipakai oleh Ace Hardware adalah dengan merangkul pengusaha lokal dan mengikutsertakan produk lokal. Markas utamanya di Illiesnois, Amerika Serikat.
2008    Koperasi Ace Hardware masuk dalam daftar anggota International Cooperative
Alliance  (ICA) urutan ke 66 dari 300 koperasi global/ tingkat dunia.

Di Asia
Perkembangan Koperasi Di Jepang
Koperasi pertama kali berdiri tahun 1897 (33 tahun sesudah pembaharuan oleh Kaisar Meiji), bersamaan waktunya dengan pelaksanaan Undang-undang Industri dan Kerajinan. Cikal bakal kelahiran Koperasi di Jepang mulai muncul ketika perekonomian uang mulai dikenal oleh masyarakat pedalaman. Gerakan Koperasi pertanian mengalami kemajuan yang sangat pesat sejak tahun 1920-an, khususnya ketika penduduk Jepanng menghadapi krisis ekonomi yang melanda dunia dalam periode 1933.
Di Jepang ada dua bentuk Koperasi pertanian, pertama disebut Koperasi Pertanian Umum. (Koperasi ini bekerja atas dasar serba usaha, misalnya menyelenggarakan usaha pemasaran hasil pertanian, menyediakan kredit untuk usaha perasuransian, pemberian bimbingan dan penyuluhan pertanian bagi usaha tani); kedua Koperasi Khusus. (Koperasi ini hanya menyelenggarakan satu jenis usaha seperti Koperasi buah, Koperasi daging ternak, Koperasi bunga-bungaan dan sebagainya). Pada umumnya Koperasi-koperasi pertanian di Jepang menyelenggarakan bentuk usaha Koperasi yang pertama. Anggota koperasi di Jepang 90% adalah wanita yang sebagian besar ibu rumah tangga, dan pada umumnya mereka langsung mengirim barang langsung ke anggota tanpa melalui pasar. Jadi produsen dan konsumen bisa berkomunikasi langsung.
Koperasi-koperasi yang menyelenggarakan kegiatan serba usaha juga tergabung dalam sebuah Koperasi Induk yang bernama Gabungan Perkumpulan Koperasi Pertanian Nasional (Zenkoku Nogyo Kyodokumiai Chuokai). Titik berat kegiatan Koperasi Gabungan atau ZEN-Noh ini adalah penyaluran sarana produksi dan pemasaran hasil pertanian. Selain itu di Jepang juga terdapat Induk Koperasi Asuransi Bersama, Induk Koperasi Perbankan untuk pertanian-kehutanan dan pusat asosiasi penerbitan.

Perkembangan Koperasi Di Korea
Awal abad ke-20, perkembangan Koperasi di Korea, khususnya Koperasi pedesaan. Di Korea ada dua organisasi pedesaan yang melayani kebutuhan kredit petani, yakni Bank Pertanian Korea dan Koperasi Pertanian.
Tahun 1961 pada pelaksanaan Undang-undang Koperasi Pertanian yang baru, Bank Pertanian Korea dan Koperasi Pertanian digabungkan menjadi satu dengan nama Gabungan Koperasi Pertanian Nasional (National Agricultural Cooperative Federation), disingkat NACF. Gabungan ini bekerja atas dasar prinsip-prinsip Koperasi yang modern dan melakukan kerjanya atas dasar serba usaha (Multipurpose). NACF bertugas mengembangkan sektor pertanian, meningkatkan peran ekonomi dan sosial petani, serta menyelenggarakan usaha-usaha peningkatan budaya rakyat.

Perkembangan Koperasi Di Thailand
Pembentukan departemen pada tahun 1915, mengawali kelahiran koperasi pertama di Thailand, di bawah koordinasi Kementrian Keuangan pada seksi urusan koperasi. Secara formal Kementerian Koperasi berdiri tahun 1952, setelah reorganisasi 1963 kementerian ini dihapuskan. Sebagai penggantinya masuk di bawah koordinasi Kementerian Pembangunan Nasional dengan mendirikan divisi baru, seperti divisi audir koperasi, divisi koperasi perdagangan dan keuangan. Tahun 1972 reorganisasi pada Kementerian Pembangunan Nasional dan diganti menjadi Kementerian Pertanian dan Koperasi. Semua pekerjaan yang menyangkut koperasi (kecuali tugas di bawah divisi audit koperasi) dilebur menjadi satu di bawah departemen baru yaitu Departemen Promosi Koperasi atau Cooperative Promotion Department (CPD).

Perkembangan Koperasi Di India
India medirikan koperasi kredit ala Raffesian pada tahun 1907 dan menyusun UU yang kemudian diperbaharui pada tahun 1912. UU koperasi India di adopsi oleh Negara Amerika, Afrika & Asia termasuk Indonesia. Pada awal pertumbuhan koperasi di India yang menjadi adalan adalah koperasi perkreditan peternakan sapi perah, pabrik gula dan Bank Koperasi.

Perkembangan Koperasi Di Timor Leste 
Pertumbuhan koperasi di Timor Leste mengadopsi model koperasi wanita Setia Budi Wanita (SBW) Jawa Timur, terutama dalam hal manajemen tanggung renteng. Koperasi di Timor Leste merupakan salah satu pilar ekonomi Negara selain sektor publik & swasta. Jumlah koperasi di Timor Leste sebanyak 84 unit. Kegiatannya berimbang antara koperasi simpan pinjam dan koperasi serba usaha. Sampai tahun 2017, pemerintah menargetkan koperasi tumbuh menjadi 300 koperasi.

 Perkembangan Koperasi Di Philipina
Lahirnya koperasi di Philipina dipicu oleh lahirnya kebijakan reforma Agraria. Koperasi yang berhasil di Philipina adalah Federasi Koperasi Mindanao (FEDCO), yang memiliki sekitar 20 anggota koperasi & 3600 petani perorangan. Koperasi ini mengelola hampir 5000 hektar lahan dengan komoditi pisang.
MIDECO adalah salah satu koperasi yang pendiriannya didukung oleh LSM pada tahun 1986.
  
Perkembangan Koperasi di Malaysia
Gerakan koperasi di Malaysia diperkenalkan pada tahun 1909 oleh pemerintah kolonial. Perkembangan koperasi ditinjau dari sudut sejarah yang terbagi menjadi empat bagian:
1.      Awal pertumbuhan koperasi di Tanah Melayu, Sabah, Sarawak sekitar 1922 sampai 1945.
2.      Tahun 1945 sampai 1982, peringkat perkembangan gerakan koperasi
3.      Tahun 1982 – 2004, era baru gerakan koperasi.
4.      Tahun 2004 sampai sekarang, era koperasi dibangun sebagai instrumen Sistem Kewangan dan Perbankan Islam di Malaysia..

Di Indonesia
1896  Koperasi diperkenalkan oleh Raden Ngabei Aria Wiriaatmadja. Dengan mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir.
1920  Diadakan Cooperative Commissie yang diketuai oleh Dr. JH. Boeke sebagai Adviseur voor Volks-credietwezen.  Komisi ini diberi tugas untuk menyelidiki apakah koperasi bermanfaat di Indonesia.
1946    Terdapat 2500 buah koperasi di seluruh Indonesia, pemerintah Indonesia memperluas dan menyebarkan pengetahuan tentang koperasi dengan mengadakan kursus-kursus koperasi di berbagai tempat.
1947 (12 Juli 1947) diselenggarakan kongres gerakan koperasi se Jawa yang pertama di Tasikmalaya. Hasil kongres adalah terbentuknya Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) sekaligus ditetapkannya sebagai Hari Koperasi Indonesia.
1953    (15 s/d 17 Juli 1953) kongres koperasi Indonesia kedua di Bandung, hasil kongres merubah SOKRI menjadi Dewan Koperasi Indonesia (DKI), disamping itu mewajibkan DKI  Lembaga Pendidikan Koperasi dan mendirikan Sekolah Menengah Koperasi di tiap Provinsi. Keputusan yang lain adalah dengan menyarankan kepada pemerintah untuk menerbitkan Undang-Undang Koperasi yang baru serta mengangkat Mohammad Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia.
1956    (1 s/d 5 September 1956) kongres koperasi ketiga di Jakarta, hasil kongres diantaranya mengenai hubungan Dewan Koperasi Indonesia dengan ICA.
1958    Diterbitkannya Undang-Undang tentang Perkumpulan Koperasi No. 79 Tahun 1958 yang dimuat dalam tambahan Lembar Negara RI No.1669.
1960  Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 140 tentang Penyaluran Bahan Pokok dan menugaskan koperasi sebagai pelaksananya.
1961  Diselenggarakan Musyawarah Nasional Koperasi I (Munaskop I) di Surabaya untuk melaksanakan prinsip Demokrasi Terpimpin dan Ekonomi Terpimpin. Juga dibentuknya Kesatuan Organisasi Koperasi Seluruh Indonesia (KOKSI).
1965  (2 s/d 10 Agustus 1965) Musyawarah Nasional Koperasi II (Munaskop II) di Jakarta dan pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 1965, yang mana prinsip NASAKOM (Nasionalis, Sosialis dan Komunis) diterapkan di Koperasi.
1967  (18 Desember 1967) Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 1967  tentang Pokok Pokok Perkoperasian pengganti Undang-Undang No.14 Tahun 1965.
1969    Disahkan Badan Hukum terhadap Gerakan Koperasi Indonesia (GERKOPIN)
1970    (9 Februari 1970) GERKOPIN dibubarkan dan diganti dengan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN)
1992    (21 Oktober 1992) pengesahan UndangUndang RI No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Undang-Undang ini merupakan landasan yang kokoh bagi koperasi Indonesia.
      1995   Peraturan Pemerintah No.9 tahun 1995 tentang kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Koperasi.
1998    Peraturan Pemerintah No.33 Tahun 1998 tentang Modal Penyertaan pada Koperasi.
Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan PPK No.36/ Kep/ MII/ 1998 tentang Pedoman Pelaksanaan Penggabungan dan Peleburan Koperasi.
2000    Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan PKM No.19/ KEP/ III/ 2000 tentang Pedoman Kelembagaan dan Usaha Koperasi.
2006    Peraturan Menteri No. 01 Tahun 2006 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan, Pengesahan Akta Pendirian dan Perubahan Anggaran Dasar Koperasi.
2007    Inpres Nomor 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengembangan produk unggulan melalui pendekatan OVOP sebagai salah satu model kegiatan dalam penjabaran kebijakan pemerintah.
2008    Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah.
2012    Undang-Undang RI No. 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

6 komentar:

  1. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIA. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  2. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  4. Semua terima kasih kepada mrs KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya selepas ditangkap oleh orang-orang palsu yang kerang menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di bandar Johannesburg. Suatu bulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman dalam talian dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di internet dan saya memohon dari mereka dan semua saya mendapat adalah penipu saya menggunakan lebih daripada 2 syarikat dan saya ditipu semua melalui. Jadi saya berputus asa sehingga saya memutuskan untuk memeriksa lagi jika saya akan mencari bantuan seperti yang saya cari dan saya menetap untuk mencari syarikat pinjaman legit saya jumpa syarikat ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY saya melihat banyak testimoni yang dimaklumkan oleh orang dia tetapi kerana saya ditipu secara serentak saya fikir ia adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang saya diminta lakukan dan saya menunggu untuk pinjaman saya dan Puan KARINA ROLAND memberitahu saya dalam masa kurang dari 24 jam anda dengan pinjaman saya dengan selamat saya tidak percaya sebab saya fikir ia juga satu penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur pagi esok ketika saya bangun saya menerima amaran dari akaun bank saya dan segera saya memanggil pengurus bank saya untuk mengesahkan dan pengurus bank memberitahu saya untuk datang ke bank dengan serta-merta dan saya pergi dengan serta-merta ketika saya sampai di sana pengurus bank memeriksa akaun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang Dolar Amerika Syarikat dan saya menjelaskan kepada pengurus saya bahawa saya memohon pinjaman dalam talian dan bank saya pengurus terkejut jika ada masih sebuah syarikat pinjaman sebenar dan legit online saya sangat gembira semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet kerana saya melihat orang lain melakukannya dan memberi keterangan tentang syarikat ini sebabnya saya menghantar mesej ini secara online kepada sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman walaupun anda telah ditipu sebelum memohon dari syarikat ini dan yakinlah bahawa syarikat ini tidak akan membiarkan anda turun. Salam kepada sesiapa sahaja yang membaca mesej saya dan anda boleh menghubungi syarikat ini melalui pos (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +13128721592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, anda boleh menghubungi saya juga untuk lebih lanjut maklumat ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  5. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya Whatsapp +15857083478 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  6. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

INCOME (BONUS) 3I – NETWORK

Ajaklah keluarga, kerabat, teman dan kenalan untuk menabung di CAR dan dapatkan PASSIVE INCOME setiap bulan yang akan di transfer langsu...