Kamis, 19 April 2012

KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


LATIHAN BAB 5 PRINSIP- PRINSIP PEMBELAJARAN 
1.      Uraikan beberapa dasar pemikiran yang mendorong perlunya penerapanprinsip-prinsip belajar di dalam pembelajaran ! 
Jawab :
a.       Hal apapun yang dipelajari murid, maka ia harus mempelajarinya sendiri. Tidak seorangpun yang dapat melakukan kegiatan belajar tersebutuntuknya.
b.      Setiap murid belajar menurut tempo (kecepatannya) sendiri dan untuksetiap kelompok umur, terdapat pariasi dalam kecepatan belajar.
c.       Seorang murid belajar lebih banyak bilamana setiap langkah segeradiberikan penguatan (reinforcement).
d.      Penguasaan secara penuh dari setiap langkah-langkah pembelajaran,memungkinkan murid belajar secara lebih berarti.
e.       Apabila murid diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, makaia lebih termotivasi untuk belajar, dan ia akan belajar dan mengingat lebihbaik.

2.      Dari kajian anda terhadap beberapa sumber, coba simpulkan hakikat prinsip-prinsip belajar! 
Jawab :
Hakikat prinsip-prinsip belajar :
a.       Belajar memerlukan motivasi yang kuat yang akan menjadi pendorong bagiseseorang agar memiliki energi atau melakukan sesuatu dengan penuhsemangat.
b.      Belajar siswa dilakukan melalui proses bukan hasil.
c.       Pentingnya keaktifan anak di dalam proses pembelajaran.
d.      Belajar yang paling baik adalah melalui pengalaman langsung.
e.       Dengan pengulangan, pengalaman-pengalaman belajar maka akan semakinmemperkuat hubungan stimulus dan respon.
f.       Siswa lebih banyak belajar jika pelajarannya memuaskan, menantang sertaramah, dan mereka memiliki peran dalam pengambilan keputusan.
g.      Siswa akan belajar lebih bersemangat apabila mengetahui danmendapatkan hasil yang baik
h.      Proses pembelajaran yang dilakukan menyentuh kepentingan siswa, minat-minat mereka kemampuan serta berbagai karakteristik lain yang terdapatpada siswa.
i.        Seluruh aktifitas pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guruharus bermuara pada terjadinya proses belajar siswa.

3.      Berikan gambaran aktifitas pembelajaran dikelas yang berlangsung tanpamemperhatikan prinsip-prinsip belajar! 
Jawab :
·         Tidak adanya keaktifan siswa dalam pembelajaran, mereka hanyamenerima saja.
·         Tidak adanya tanggung jawab pada diri siswa untuk menyelessaikan tugas.
·         Proses belajar tidak terarah.
·         Siswa tidak memiliki semangat yang kuat untuk belajar karena tidakadanya kesempatan melakukan sendiri.

4.      Jelaskan prinsip-prinsip belajar yang anda pahami! 
Jawab:
a.       Prinsip perhatian dan motivasi
Perhatian dan motivasi merupakan dua aktifitas yang memiliki keterkaitanyang sangat erat. Untuk menumbuhkan perhatian diperlukan adanyamotivasi. tugas guru adalah meyakinkan para siswa agar tujuan belajaryang ingin diwujudkan menjadi kebutuhan bagi setiap siswa.
b.      Prinsip transfer dan retensi
Prinsip belajar yang menekankan adanya proses belajar yangmenggunakan daya ingat untuk dapat menguat retensi .
c.       Prinsip keaktifan
Prinsip keaktifan menekankan pada keaktifan siswa dalam belajar, sehinggasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya.
d.      Prinsip keterlibatan langsung
Dalam proses ini siswa tidak sekedar aktif mendengar, mengamati danmengikuti akan tetapi terlibat langsung didalam melaksanakan suatupercobaan, peragaan atau mendemontrasikan sesuatu.
e.       Prinsip pengulangan
Prinsip ini menuntut siswa untuk memiliki kesadaran yang mendalam agarbersedia melakukan pengulangan latihan-latihan baik yang ditugaskan olehguru maupun atas inisiatif dan dorongan sendiri.
f.       Prinsip tantangan
Dalam prinsip ini guru memberikan pembelajaran yang membuat siswamerasa penasaran dan memiliki keinginan untuk menyelesaikan tugas yangdiberikan.
g.      Prinsip balikan dan penguatan
Ini merupakan implementasi dari teori belajar yang dikemukakan olehskiner melalui teori operant conditioning dan salah satu hukum belajar darithorndike yaitu “law of effect”.
h.      Prinsip perbedaan individual
Prinsip belajar ini melihat adanya perbedaan kemampuan dari masing-masing siswa, dimana guru harus mengenal dahulu siswa sehingga terjadiinteraksi belajar mengajar.

5.      Ambil beberapa prinsip belajar tertentu, kemudian anda jelaskanimplementasinya di dalam proses pembelajaran! 
Jawab:
a.       Prinsip pengulangan
Prinsip pengulangan bisa dilakukan ketika guru memberikan pembelajarancontohnya:- Menyanyikan lagu-lagu.-Membaca syair atau puisi.Kedua kegiatan diatas memerlukan latihan yang berulang-ulang agar siswadapat menyanyi atau membacakan syair dengan benar, sehingga siswaakan terbiasa dengan lagu atau syair tersebut.
b.      Prinsip tantangan
Prinsip ini dapat dilakukan pada kegiatan contohnya:- Bermain puzzle, dimana dalam bermain puzzle siswa diharapkan merasatertantang untuk menggabungkan potongan-potongan gambar menjadibentuk yang utuh.-Dalam pembelajaran sain misalnya, pencampuran warna, anak akanmelakukan eksperimen sendiri dengan mencampur beberapa warna.
c.       Prinsip keterlibatan langsung
Pada prinsip ini, guru mengajak siswa melakukan kegiatannya secaralangsung, contohnya , mendemontrasikan cara membuat teh manis ataukopi,atau memberi makan binatang peliharaan dll. Dengan cara ini anakakan merasakan langsung bagaimana caranya membuat teh manis atau kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

INCOME (BONUS) 3I – NETWORK

Ajaklah keluarga, kerabat, teman dan kenalan untuk menabung di CAR dan dapatkan PASSIVE INCOME setiap bulan yang akan di transfer langsu...