LATIHAN BAB 5 PRINSIP- PRINSIP PEMBELAJARAN
1. Uraikan
beberapa dasar pemikiran yang mendorong perlunya penerapanprinsip-prinsip
belajar di dalam pembelajaran !
Jawab
:
a. Hal
apapun yang dipelajari murid, maka ia harus mempelajarinya sendiri. Tidak
seorangpun yang dapat melakukan kegiatan belajar tersebutuntuknya.
b. Setiap
murid belajar menurut tempo (kecepatannya) sendiri dan untuksetiap kelompok
umur, terdapat pariasi dalam kecepatan belajar.
c. Seorang
murid belajar lebih banyak bilamana setiap langkah segeradiberikan penguatan
(reinforcement).
d. Penguasaan
secara penuh dari setiap langkah-langkah pembelajaran,memungkinkan murid
belajar secara lebih berarti.
e. Apabila
murid diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, makaia lebih
termotivasi untuk belajar, dan ia akan belajar dan mengingat lebihbaik.
2. Dari
kajian anda terhadap beberapa sumber, coba simpulkan hakikat prinsip-prinsip
belajar!
Jawab
:
Hakikat prinsip-prinsip
belajar :
a. Belajar
memerlukan motivasi yang kuat yang akan menjadi pendorong bagiseseorang agar
memiliki energi atau melakukan sesuatu dengan penuhsemangat.
b. Belajar
siswa dilakukan melalui proses bukan hasil.
c. Pentingnya
keaktifan anak di dalam proses pembelajaran.
d. Belajar
yang paling baik adalah melalui pengalaman langsung.
e. Dengan
pengulangan, pengalaman-pengalaman belajar maka akan semakinmemperkuat hubungan
stimulus dan respon.
f. Siswa
lebih banyak belajar jika pelajarannya memuaskan, menantang sertaramah, dan
mereka memiliki peran dalam pengambilan keputusan.
g. Siswa
akan belajar lebih bersemangat apabila mengetahui danmendapatkan hasil yang
baik
h. Proses
pembelajaran yang dilakukan menyentuh kepentingan siswa, minat-minat mereka
kemampuan serta berbagai karakteristik lain yang terdapatpada siswa.
i.
Seluruh aktifitas pembelajaran yang
dirancang dan dilaksanakan oleh guruharus bermuara pada terjadinya proses
belajar siswa.
3. Berikan
gambaran aktifitas pembelajaran dikelas yang berlangsung tanpamemperhatikan
prinsip-prinsip belajar!
Jawab :
·
Tidak adanya
keaktifan siswa dalam pembelajaran, mereka hanyamenerima saja.
·
Tidak adanya tanggung jawab pada diri
siswa untuk menyelessaikan tugas.
·
Proses belajar
tidak terarah.
·
Siswa tidak
memiliki semangat yang kuat untuk belajar karena tidakadanya
kesempatan melakukan sendiri.
4. Jelaskan
prinsip-prinsip belajar yang anda pahami!
Jawab:
a. Prinsip perhatian dan motivasi
Perhatian dan motivasi
merupakan dua aktifitas yang memiliki keterkaitanyang sangat erat. Untuk
menumbuhkan perhatian diperlukan adanyamotivasi. tugas guru adalah meyakinkan
para siswa agar tujuan belajaryang ingin diwujudkan menjadi kebutuhan bagi
setiap siswa.
b. Prinsip transfer dan retensi
Prinsip belajar yang
menekankan adanya proses belajar yangmenggunakan daya ingat untuk dapat menguat
retensi .
c. Prinsip keaktifan
Prinsip keaktifan
menekankan pada keaktifan siswa dalam belajar, sehinggasiswa dapat
mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya.
d. Prinsip keterlibatan langsung
Dalam proses ini siswa
tidak sekedar aktif mendengar, mengamati danmengikuti akan tetapi terlibat
langsung didalam melaksanakan suatupercobaan, peragaan atau mendemontrasikan sesuatu.
e. Prinsip pengulangan
Prinsip ini menuntut
siswa untuk memiliki kesadaran yang mendalam agarbersedia melakukan pengulangan
latihan-latihan baik yang ditugaskan olehguru maupun atas inisiatif dan
dorongan sendiri.
f. Prinsip tantangan
Dalam prinsip ini guru
memberikan pembelajaran yang membuat siswamerasa penasaran dan memiliki
keinginan untuk menyelesaikan tugas yangdiberikan.
g. Prinsip balikan dan penguatan
Ini merupakan
implementasi dari teori belajar yang dikemukakan olehskiner melalui teori
operant conditioning dan salah satu hukum belajar darithorndike yaitu “law of
effect”.
h. Prinsip perbedaan individual
Prinsip belajar ini
melihat adanya perbedaan kemampuan dari masing-masing siswa, dimana guru harus
mengenal dahulu siswa sehingga terjadiinteraksi belajar mengajar.
5. Ambil
beberapa prinsip belajar tertentu, kemudian anda jelaskanimplementasinya di
dalam proses pembelajaran!
Jawab:
a. Prinsip pengulangan
Prinsip pengulangan
bisa dilakukan ketika guru memberikan pembelajarancontohnya:- Menyanyikan lagu-lagu.-Membaca syair atau puisi.Kedua
kegiatan diatas memerlukan latihan yang berulang-ulang agar siswadapat menyanyi
atau membacakan syair dengan benar, sehingga siswaakan terbiasa dengan lagu
atau syair tersebut.
b. Prinsip tantangan
Prinsip ini dapat
dilakukan pada kegiatan contohnya:- Bermain
puzzle, dimana dalam bermain puzzle siswa diharapkan merasatertantang
untuk menggabungkan potongan-potongan gambar menjadibentuk yang utuh.-Dalam pembelajaran sain misalnya, pencampuran
warna, anak akanmelakukan eksperimen sendiri dengan mencampur beberapa
warna.
c. Prinsip keterlibatan langsung
Pada prinsip ini, guru
mengajak siswa melakukan kegiatannya secaralangsung, contohnya ,
mendemontrasikan cara membuat teh manis ataukopi,atau memberi makan binatang
peliharaan dll. Dengan cara ini anakakan merasakan langsung bagaimana caranya
membuat teh manis atau kopi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.