Kamis, 18 Oktober 2012

SOAL METODE PENELITIAN



1.        Jelaskan, seberapa luaskah ruang lingkup penelitian pendidikan?
Jawab: Ruang lingkup pendidikan luas sekali karena pendidikan sendiri merupakan bidang kajian yang terkait erat dengan beberapa disiplin ilmu lain seperti Psikologi, Sosiologi, Antropologi, Politik, Ekonomi, dan sebagainya. Banyak sekali konsep atau teori  pendidikan yang dikembangkan dengan mendapatkan inspirasi atau berlandaskan pada berbagai ilmu tersebut.
2.        Sebutkan perbedaan tingkat generalisasi antara penelitian dasar dan penelitian terapan?
Jawab: Tingkat generalisasi pada penelitian dasar bersifat abstrakdan berkaitan dengan sains sebagai ilmu. Pada penelitian terapan, tingkat generalisasinya bersifat umum dan berlaku hanya pada bidang terapan yang bersangkutan.
3.        Secara teoritis, sebutkan manfaat penelitian pendidikan?
Jawab: Secara teoritis manfaat hasil penelitian pendidikan adalah sebagai berikut:
a.       Peta yang menggambarkan tentang keadaan pendidikan dan melukiskan kemampuan sumber daya, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan.
b.      Sarana diagnosis dalam mencari sebab kegagalan serta masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan sehingga dengan mudah dapat dicari upaya penanggulangannya.
c.       Sebagai sarana untuk menyusun kebijakan dalam menyusun strategi pengembangan pendidikan.
d.      Masukan yang memberikan gambaran tentang kemampuan dalam pembiayaan peralatan, perbekalan, serta sumber daya manusia, baik yang secara kuantitas maupun kualitas sangat berperan bagi keberhasilan dalam bidang pendidikan.
4.        Sebutkan 4 karakteristik yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman dalam  merumuskan masalah?
Jawab:4 Kriteria yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan masalah adalah:
a.       Layak teliti,
b.      Mempunyai nilai praktis dan teoritis
c.       Realistis,
d.      Orsinalitas.
5.      Apakah yang dimaksud dengan memfokuskan masalah?
Jawab: Pengertian memfokuskan disini adalah memilih dan menentukan masalah yang Anda minati dan menguraikan masalah yang terlalu umum tersebut menjadi masalah yang spesifik.
6.      Apakah fungsi tujuan dalam penelitian pendidikan?
Jawab:  Fungsi tujuan dalam penelitian adalah sebagai arah, petunjuk, atau pengontrol yang memandu agar seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang.
7.      Secara umum jelaskan apa yang dimaksud  dengan hipotesis?
Jawab: Secara umum, hipotesis dapat diartikan sebagai rumusan jawaban sementara atau dugaan sehingga untuk membuktikan benar tidaknya dugaan tersebut perlu diuji terlebih dahulu. Perlu digaris bawahi, bahwa pengertian dugaan di sini tidak berarti sembarang tanpa dasar.  Permusan hipotesis harus mengindahkan kaidah-kaidah ilmiah yang sistematis dan rasional.

Untuk pertanyaan nomor 8-10, gunakan informasi di bawah ini sebagai input.

Lembaga pendidikan tempat Anda bekerja sedang mengembangkan alat bantu belajar berupa kaset dan modul (bahan cetak). Kaset dan modul tersebut berisi bahan ajar Biologi yang diperuntukkan untuk siswa kelas VI SD. Bobot materi yang terdapat pada kedua jenis bahan ajar tersebut sama. Anggap Anda tinggal di kota K dan Anda ingin menguji keandalan masing-masing bahan ajar tersebut pada siswa SD di kota Anda.

8.      Rumuskan masalah penelitian Anda?
Jawab: Rumusan masalah penelitian: Adakah perbedaan prestasi belajar biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang belajar dengan menggunakan modul.
9.      Rumuskan tujuan penelitian Anda?
Jawab: Tujuan penelitian: Mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar Biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang menggunakan modul.
10.  Rumuskan hipotesis penelitian Anda dengan hipotesis nol?
Jawab: Tidak ada perbedaan prestasi belajar Biologi antara siswa (Kelas VI SD di kota K) yang belajar dengan menggunakan kaset dan siswa yang belajar dengan menggunakan modul.

11.  Bab tinjuan pustaka dalam  laporan penelitian antara lain dapat menunjukkan…
a.       Banyaknya buku yang dibaca oleh peniliti
b.      Bahwa penelitian didasarkan pada hasil penelitian sebelumnya
c.       Bahwa penelitian dilakukan dengan benar
d.      Keaslian dari penelitian yang dilakukan
Jawab: A
12.  Berikut ini yang tidak termasuk kegiatan tinjauan pustaka adalah…
a.       Mencari sumber pustaka
b.      Membaca sumber pustaka
c.       Menelaah sumber pustaka
d.      Menulis bab tinjauan pustaka
Jawab: B
13.  Manfaat langsung yang diperoleh peneliti dari kegiatan tinjauan pustaka adalah hal-hal berikut, kecuali …
a.       Bahan-bahan untuk menyusun kerangka teori penelitian
b.      Wawasan yang mendalam tentang penelitian yang relevan
c.       Bahan-bahan untuk membantu penafsiran data
d.      Topik-topik lain yang lebih menarik untuk diteliti
Jawab:D
14.  Wawasan yang mendalam tentang penelitian-penelitian yang relevan perlu dimiliki oleh setiap peneliti agar peneliti…
a.       Dapat membuat rancangan penelitian yang lebih baik
b.      Tidak melakukan duplikasi dari penelitian lain
c.       Tidak menggunakan variabel yang sudah banyak diteliti
d.      Dapat menggunakan teori yang baru
Jawab: A
15.  Bagi peneliti yang belum berpengalaman, kegiatan tinjauan pustaka sebaiknya dilakukan pada tahap…
a.       Perumusan masalah penelitian
b.      Penyusunan kerangka teori penelitian
c.       Penelaahan hasil penelitian
d.      Penyusunan laporan penelitian
Jawab: A
16.  Hasil tinjauan pustaka perlu dipertimbangkan untuk memperbaiki hipotesis penelitian Anda bila…
a.       Belum ada penelitian yang menguji hipotesis Anda
b.      Variabel penelitian Anda terbukti tidak penting
c.       Tidak banyak peneliti yang meniliti variabel Anda
d.      Sudah terlalu banyak peneliti yang menguji hipotesis Anda
Jawab: B
17.  Seseorang dapat dikatakan belum melakukan tinjauan pustaka yang mendalam apabila ia…
a.       Menggunakan konsep-konsep yang dikemukakan peneliti lain
b.      Menggunakan variabel yang sudah banyak diteliti
c.       Menggunakan pendekatan yang steril
d.      Tidak banyak mengutip pustaka relevan
Jawab: C
18.  Dengan adanya temuan yang tidak konsisten yang menyangkut hubungan antardua variabel tertentu, maka peluang yang dapat diambil untuk penelitian lebilh lanjut adalah…
a.       Hubungan kedua variabel tersebut tidak perlu diteliti lagi
b.      Tidak ada peluang untuk melakukan penelitian yang lebih lanjut
c.       Meneliti pengaruh variabel antara terhadap hubungan kedua variabel tersebut
d.      Melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang hubungannya lebih konsisten
Jawab: C
19.  Pendekatan penelitian disebut steril apabila pendekatan tersebut…
a.         Tidak menghasilkan temuan yang berarti
b.        Tidak sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai
c.         Tidak memenuhi  persyaratan untuk penelitian ilmiah
d.        Hanya dapat digunakan untuk penelitian yang dilakukan di laboratorium
Jawab:B
20.  Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti lain penting untuk diperhatikan, karena…
a.         Merupakan rambu-rambu untuk menghindari duuplikasi penelitian
b.        Biasanya dapat digunakan sebagai dasar bagi penelitian yang lebih lanjut
c.         Untuk menghindari pendekatan yang steril
d.        Merupakan bagian yang penting dari laporan penelitian
Jawab:A

4 komentar:

  1. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Metrolina Credit Company
    Halo

    Apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk meningkatk an bisnis Anda lagi karena tugas kami untkarena uk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda harus khawatir tidak lagi. Metrolina Credit Company hadir untuk mempermudah pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kebutuhan keuangan lainnya

    Ew dapat membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akan pinjaman dari perusahaan ini yang harus Anda lakukan adalah memberikan kredensial sejati Anda dan Anda dapat mengajukan permohonan kepada kami melalui hal-hal berikut.

    Gmail: metrolinacreditcompany@gmail.com

    Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hybrid.
    Kepemilikan tunggal.
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.

    Sebagai bisnis pribadi Anda bisa melamar dalam mata uang apapun yang Anda inginkan

    Terapkan sekarang
    Perusahaan Kredit Metrolina
    metrolinacreditcompany@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Semua terima kasih kepada mrs KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya selepas ditangkap oleh orang-orang palsu yang kerang menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di bandar Johannesburg. Suatu bulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman dalam talian dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di internet dan saya memohon dari mereka dan semua saya mendapat adalah penipu saya menggunakan lebih daripada 2 syarikat dan saya ditipu semua melalui. Jadi saya berputus asa sehingga saya memutuskan untuk memeriksa lagi jika saya akan mencari bantuan seperti yang saya cari dan saya menetap untuk mencari syarikat pinjaman legit saya jumpa syarikat ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY saya melihat banyak testimoni yang dimaklumkan oleh orang dia tetapi kerana saya ditipu secara serentak saya fikir ia adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang saya diminta lakukan dan saya menunggu untuk pinjaman saya dan Puan KARINA ROLAND memberitahu saya dalam masa kurang dari 24 jam anda dengan pinjaman saya dengan selamat saya tidak percaya sebab saya fikir ia juga satu penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur pagi esok ketika saya bangun saya menerima amaran dari akaun bank saya dan segera saya memanggil pengurus bank saya untuk mengesahkan dan pengurus bank memberitahu saya untuk datang ke bank dengan serta-merta dan saya pergi dengan serta-merta ketika saya sampai di sana pengurus bank memeriksa akaun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang Dolar Amerika Syarikat dan saya menjelaskan kepada pengurus saya bahawa saya memohon pinjaman dalam talian dan bank saya pengurus terkejut jika ada masih sebuah syarikat pinjaman sebenar dan legit online saya sangat gembira semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet kerana saya melihat orang lain melakukannya dan memberi keterangan tentang syarikat ini sebabnya saya menghantar mesej ini secara online kepada sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman walaupun anda telah ditipu sebelum memohon dari syarikat ini dan yakinlah bahawa syarikat ini tidak akan membiarkan anda turun. Salam kepada sesiapa sahaja yang membaca mesej saya dan anda boleh menghubungi syarikat ini melalui pos (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +13128721592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, anda boleh menghubungi saya juga untuk lebih lanjut maklumat ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

INCOME (BONUS) 3I – NETWORK

Ajaklah keluarga, kerabat, teman dan kenalan untuk menabung di CAR dan dapatkan PASSIVE INCOME setiap bulan yang akan di transfer langsu...