Rabu, 03 April 2013

KELANGKAAN


Pengertian Kelangkaan
Kelangkaan adalah suatu keadaan saat manusia ingin mengonsumsi jauh lebih banyak dari apa yang diproduksi atau suatu keadaan saat apa yang diinginkan manusia jauh lebih banyak dari yang tersedia.

Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kelangkaan mengandung dua pengertian :
a.       Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.
b.      Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain.

Masalah kelangkaan selalu dihadapi merupakan masalah bagaimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dengan alat pemuas yang terbatas. 

Dalam menghadapi masalah kelangkaan, ilmu ekonomi berperan penting karena masal ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kelangkaan adalah suatu keadaan dimana kehidupan manusia yang tidak terbatas dihadapkan dengan alat pemuas yang terbatas.

Faktor Penyebab Kelangkaan
1.      Internal Factors
·         Sifat selalu tidak puas terhadap apa yang sudah dimiliki/dipuaskan.
·         Sifat tamak/serakah, yaitu menimbun kekayaan sebanyak-banyaknya.
·         Ketidakmampuan manusia dalam memproduksi/menguasai teknologi
·         Kebutuhan manusia yang terus meningkat
·         Pertambahan penduduk yang terus meningkat

  1. External Factors
·         Bencana alam
·         Perang
·         Wabah penyakit
·         Kebijakan pemerintah yang tidak tepat
·         Persedian sumber daya alam terbatas


Penyebab kelangkaan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan adalah sebagai berikut:
1.      jumlahnya terbatas. Contohnya emas merupakan barang yang berharga dan setiap orang menyukainya, tetapi jumlahnya sangat sedikit dan terbatas.
2.      sulit memperolehnya. Contohnya tenaga ahli yang sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang jumlahnya sedikit. Hal itu dikarenakan untuk menjadi tenaga ahli selain harus melalui pendidikan juga harus ditunjang oleh pengalaman.
3.      barang atau jasa tersebut sangat banyak yang membutuhkan. Contohnya minyak bumi banyak dibutuhkan dalam kegiatan industri dan transportasi, tetapi jumlahnya terbatas dan semakin lama akan semakin habis.
4.      letak geografi atau tempat. Contohnya buah kurma hanya tumbuh di Arab Saudi atau rempah-rempah banyak terdapat di Indonesia.
Inti masalah kelangkaan adalah tidak terdapatnya keseimbangan antara keinginan manusia dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan yang beraneka ragam dengan ketersediaan atau kesiapan sumber daya untuk menghasilkan benda dan jasa. Oleh karena itu, selain harus melakukan berbagai cara dan upaya dalam memenuhi berbagai kebutuhannya, manusia juga harus melakukan tindakan alternatif. Artinya, bertindak secara rasional dalam menentukan pilihan kebutuhan mana yang pemenuhannya dapat ditunda.

1 komentar:

  1. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

INCOME (BONUS) 3I – NETWORK

Ajaklah keluarga, kerabat, teman dan kenalan untuk menabung di CAR dan dapatkan PASSIVE INCOME setiap bulan yang akan di transfer langsu...